Sunday, December 1, 2013

Abon Ikan Lele, sekilas usaha Abon Ikan Lele, Peluang Usaha Abon ikan Lele, Grosir Abon Ikan

Abon termasuk salah satu makanan tahan lama yang memiliki protein tinggi dan memiliki kadar kolesterol yang rendah, yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. abon biasanya diolah dari daging sapi. akan tetapi selain daging sapi, daging ikan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan abon.  Seperti halnya produk abon yang terbuat dari daging sapi, abon ikan juga cocok dikonsumsi sebagai lauk-pauk atau sebagai pelengkap makan ketan hangat dan makan roti .  Ikan lele adalah satu jenis ikan yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan abon. Peluang Usaha Bisnis Abon Lele sangat terbuka bagi anda yg berniat mendirikan usaha sendiri baik untuk usaha sampingan maupun usaha rumahan anda.
abon ikan lele


Ikan lele  yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan abon adalah ikan lele dalam kondisi segar, warna dagingnya cerah, dagingnya terasa kenyal, dan tidak berbau busuk. Ciri fisik ikan lele mempunyai daging yang tebal, memiliki serat kasar dan tidak mengandung banyak duri. . Ikan lele juga dapat diternak sepanjang tahun, sehingga untuk bahan baku pembuatan abon dapat diperoleh dengan mudah. Harganya  juga relatif lebih murah yaitu Rp 16.000 per kilogram dibandingkan dengan harga ikan lainnya.

Dalam pembuatan abon ikan digunakan bahan-bahan pelengkap (bumbu-bumbu). Fungsi bahan-bahan pelengkap tersebut adalah sebagai penyedap rasa dan zat pengawet alami bagi produk abon ikan yang dihasilkan. Sejumlah bahan pelengkap yang biasa digunakan dalam pembuatan abon adalah (jenis rempah-rempah, gula pasir, garam dan penyedap rasa). Jenis rempah-rempah yang digunakan adalah bawang putih, lengkuas, ketumbar, sereh dan daun salam.

Gula pasir bisa memberikan rasa lembut sehingga bisa mengurangi terjadinya pengerasan. Sedangkan garam yang digunakan adalah garam dapur,garam dapur bisa berfungsi sebagai bahan pengawet karena kemampuannya untuk menarik air keluar dari jaringan. Bawang putih mempunyai aktivitas anti mikroba. Senyawa allicin dalam bawang putih berperan memberikan aroma khas, serta memiliki kemampuan merusak protein kuman penyakit sehingga kuman tersebut mati. Sementara itu untuk menambah kenikmatan rasa abon ikan yang dihasilkan, juga ditambahkan penyedap rasa.

Dalam industri pembuatan abon ikan umumnya menggunakan jenis teknologi yang sangat sederhana dan mudah pengoprasianya. Oleh karena itu, industri ini tidak menentukan syarat tenaga kerja berpendidikan formal, akan tetapi lebih mengutamakan keterampilan khusus dalam pengolahan abon ikan. dan ini bisa dikerjakan oleh pria maupun wanita yang sudah pernah mengikuti pelatihan atau magang di unit usaha sejenis.

Agar produk terhindar dari kontaminasi pekerja dan terjamin kebersihannya. maka hal yang perlu di lakukan sebelum bekerja yaitu dengan mencuci tangan yang bersih, gunakan antiseptik kulit dan jangan lupa gunakan tutup kepala juga.

Demikinlah sekilas tentang peluang usaha bisnis abon lele, semoga berguna. Untuk info produk abon lele dan pemesanan, hubungi kami di 081 236 84 5555.
Ongkir gratis ke jawa dan bali, jika pesan 10kg.

No comments:

Post a Comment