Friday, December 20, 2013

Nutrisi Ikan, Manfaat nutrisi Ikan, Manfaat makan Ikan, Kandungan Gizi Ikan, Ikan Lele, Ikan Sumber Nutrisi, Suplemen Omega-3



Ikan Sumber Nutrisi terbaik

Ikan merupakan sumber terbaik lemak omega-3. Lemak omega -3 disebut lemak esensial karena tubuh manusia tidak dapat membuatnnya dan harus diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Ikan mengandung dua tipe lemak omega -3 yaitu EPA dan DHA. Keduanya bekerja secara ajaib dalam tubuh dan dapat menurunkan tingkat triglyceride ( lemak darah yang tidak sehat ), menurunkan tekanan darah, melindungi pembekuan darah dan meningkatkan cholesterol baik HDL. Oleh karena itu , beberapa dokter setuju bahwa perlu mengenalkan Ikan secara bertahap untuk anak-anak sedini mungkin.


Guna mendapatkan manfaat kesehatan, the American Herath Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi lemak omega-3 sekitar 1 gram per hari. Banyaknya ikan yang kita konsumsi untuk mendapatkan lemak omega -3 tergantung dari jenis dan cara mengolahnya. Sebagai contoh bila kita mengkonsumsi 113,4 gram ( 4 ounce) Ikan Salmon yang dibakar, kita akan mendapatkan lemak omega-3 sekitar 1,5 gram. Sementara bila kita mengkonsumsi satu porsi Ikan Tuna Sandwich akan diperoleh omega-3 sekitar 1 gram.

Sandwich Tuna


Suplemen omega-3 dapat digunakan sebagai salahsatu alternative, namun sebelum mengkonsumsinya perhatikan beberapa hal berikut:
-      Konsultasikan dosis yang dapat dikonsumsi, karena suplemen omega-3 yang berlebihan mempunyai efek samping seperti pendarahan yang berlebihan.
-      Kualitas dari suplemen merupakan hal yang sangat menentukan , sehingga pastikan suplemen tersebut dalam kondisi kualitas yang baik.
-      Disamping itu ikan juga menyediakan nutrisi yang penting seperti selenium, yodium, dan zat besi yang tidak ditemukan dalam suplemen omega-3.

Ingin mempunyai gaya hidup sehat? Segera konsumsi Ikan. ( dirangkum dari berbagai sumber )



No comments:

Post a Comment